NIA FITRIANA


Berpacu menjadi yang terbaik

Sedikit Ulasan Tentang BIOS, Server, dan Safe MOde

Pertemuan 2

PC Singkatan dari "Personal Computer."  PC adalah sebuah perangkat yang terdiri dari perangkat keras(Hardware), Perangkat Lunak(Software) dan SDM(Brainware) dimana perangkat ini jga dapat melakukan penginputan data dan di proses untuk menjadi sebuah output data yang kita inginkan.dalam menyelesaikan pekerjaan dan di kehidupan sehari hari komputer sangat diperlukan. Hal yang pertama kali dilakukan ketika sebuah mesin atau PC dijalankan adalah proses untuk membangkitkan mainboard (papan utama). Mainboard adalah papan rangkaian utama pada computer dimana sebuah processor, memory, dan peripheral lainnya terpasang. (http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.definisi/mainboard.html). Didalam sebuah mainboard terdapat BIOS (Basic Input Output System), dimana BIOS ini digunakan untuk mendeteksi sebuah program yang ada di PC, dan juga memberikan informasi apakah semua hardware dapat diakses. Ketika ada kesalahan di PC misalkan pada processor sehingga computer tidak bisa menyala maka hal yang pertama kali dilakukan adalah pengecekan pada mainboardnya.

            BIOS ini digunakan untuk mendeteksi seluruh hardware yang terhubung dengan mesin, termasuk dengan server, PC atau Laptop. Server adalah sebuah sistem komputer  yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai  sistem operasi jaringan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Server).

            Personal Komputer terdapat beberapa jenis, diantaranya adalah computer pribadi, laptop dan lainnya. Sekarang ini akan dibahas tentang PC dan Laptop. Ketika PC dan Laptop sudah mengakses sebuah sistem maka akan dilakukan eksekusi pada master boot record. Master Boot Record (MBR) adalah struktur data yang sangat penting yang berisi tabel partisi dan sejumlah kode executable untuk keperluan boot start (cara bagi harddisk untuk melakukan loading system operasi). Fungsinya untuk menyimpan informasi tentang sistem operasi dan kemudian akan dibaca oleh BIOS. http://tukum-masterbootrecord.blogspot.com/2011/03/master-boot-record.html) Setelah dibaca maka informasi akan disimpan di memory, PC dan Laptop ini mempunyai 2 memory yaitu RAM dan ROM. Saat ini hanya akan dibahas RAM saja. RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada PC atau Laptop yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jika PC atau Laptop memiliki kapasitas RAM yang kecil maka jangan digunakan untuk membuka banyak aplikasi karena PC atau Laptop akan mengalami crash atau hang.

            Bagi sebagian besar kita ( pengguna komputer) mungkin tidak asing lagi dengan istilah Safe Mode. Fitur ini di sediakan di sistem operasi Windows, untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya. Biasanya yang sering terjadi bagi pengguna PC atau Laptop adalah banyaknya virus yang terdapat pada registernya. Register merupakan kumpulan dari data windows yang dipakaiuntuk mengatur jalannya sistem operasi windows. Oleh karena itu, kita harus mengerti apa itu safe mode.

 

Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.


Cara masuk ke Safe Mode merupakan Salah satu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem windows termasuk windows Vista adalah dengan menekan tombol F8 ketika windows sedang booting ( atau ketika komputer mulai menyala dan tampil informasi Memory / hardware ). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan booting komputer, seperti berikut :

 

Beberapa penjelasan dari Advande Options Menu Selain menu untuk memilih Safe mode, ada berbagai menu lainnya yang bisa dipilih. Berikut beberapa penjelasan menu-menu tersebut.

  • Safe Mode, opsi ini berarti windows akan berjalan hanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga software-softwarenya.
  • Safe Mode with Networking, opsi ini seperti safe mode ditambah dengan driver sehingga kita bisa memanfaatkan Jaringan ( Networking)
  •  Safe Mode with Command Prompt, sama seperti safe mode hanya saja program Command Prompt / MS-DOS Prompt ( cmd.exe) akan langsung aktif ( bukannya explorer)
  • Enable Boot Logging, windows akan membuat file Ntbtlog.txt, ketika start up dan informasi start up tersebut akan disimpan di file tersebut. File ini biasanya disimpan di sistem root, misalnya drive C.
  • Enable VGA Mode. Windows akan berjalan dengan tampilan mode minimal misalnya 640×480 atau 800×600. Biasa digunakan untuk memeriksa kerusakan atau error [driver] VGA (tampilan grafik windows).
  • Last Known Good Configuration, menjalankan windows menggunakan informasi registry yang telah disimpan ketika terakhir shutdown. Gunakan jika kita salah mengubah konfigurasi sistem, atau ketika windows gagal masuk ke tampilan utama.

Safe Mode merupakan fitur standard Windows dan terkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupun terkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakan safe mode saja tidak cukup. ( ebsoft.web.id)

 

 

 


1. lita safitrin

pada : 28 May 2012

"kok gak ada gambarnya siih..
tulisan semua.. >_"


2. Dio Nurdin S

pada : 29 May 2012

"maaf mbak saya mau tanya, saya kurang jelas dengan maksud kata ini "berisi tabel partisi dan sejumlah kode executable"? tolong di jelaskan ya? terima kasih"


3. Nia

pada : 25 June 2012

"iya mas saya akan berusaha jawab...
begini untuk Master Boot Record ini kan merupakan struktur data yang berisi tabel partisi dan sejumlah kode executable maksudnya itu jadi didalam MBR itu terdapat beberapa kode... ehm..."


4. nia

pada : 25 June 2012

"nie penjelasannya..
bagian dari master boot record (MBR), yang merupakan kecil Program yang dijalankan ketika komputer boot (yaitu, dijalankan) untuk menemukan sistem operasi dan load ke memori.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :